Pengertian Dedicated Server

Dipublish tanggal : 2013-02-13 16:32

Dedicated Server adalah sebuah server fisik (komputer dengan spesifikasi dan konfigurasi tertentu) yang mampu menjalankan proses komputasi dari aplikasi berat dan beban yang sangat tinggi. Dedicated Server merupakan solusi dari shared hosting ataupun VPS yang tidak mampu menjalankan aplikasi berat dengan proses komputasi yang kompleks ini.Dedicated Server biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan bersekala menengah keatas dimana perusahaan tersebut memiliki system informasi yang membutuhkan keamanan ekstra. Mereka lebih memilih Dedicated Server dari pada shared hosting atauVPS dikarenakan Dedicated Server dinilai lebih powerfull.

Dengan Dedicated Server, perusahaan-perusahaan memiliki akses penuh terhadap server. Mereka bebas mengkonfigurasiDedicated Server yang mereka miliki sesuai kebutuhan. Mereka juga tidak perlu berbagi resource server misalnya berbagi prosesor, RAM, storage dan lain sebagainya dengan perusahaan lain. Karena tidak berbagi, keamananpun lebih menjanjikan daripada layanan shared hosting. Pada Dedicated Server, tidak ada batasan-batasan layaknya layanan shared hosting dan VPS. Sehingga mereka yang menggunakan layanan Dedicated Server ini lebih leluasa dalam memaksimalkan kinerja aplikasi yang mereka miliki di dalam server.

Selain keunggulan yang sebagian sudah dijelaskan di atas, dedicated server memiliki beberapa konsekuensi. Pertama, Harga yang menurut sebagian orang mahal. Jika dibandingkan dengan layanan shared hosting dan VPSdedicated server memang membutuhkan biaya lebih tinggi. Namun hal ini bukan merupakan masalah serius bagi perusahaan besar yang benar-benar membutuhkan layanan Dedicated Server. Harga yang dibayarkan akan sesuai dengan fasilitas yang dibutuhkan dan didapatkan.

Selanjutnya selain harga, yang menjadi kendala adalah tidak setiap orang mampu mengoprasikan Dedicated Server. Untuk mengkonfigurasi Dedicated Server sesuai kebutuhan dan berjalan dengan baik, dibutuhkan kemampuan teknis yang mumpuni. Mereka harus mengerti tentang berbagai aspek, misal mengetahui tentang hardware, software, sistem operasi, networking, jaringan internet, dan lain sebagainya. Disini memang benar-benar dibutuhkan pengalaman serta keahlian khusus dibidangserver.


Testimonial

Enaknya pake aktifasi otomatis hosting dan domain di indotophost
Nanang : Wah salut sama sistem setup otomatis hosting sama ...

Indotophost Aktif Domain Cepet Banget
Romadhon : selesai bayar, konfirmasi, 10 menit account udah j ...

Lihat Semua...

Fitur Web Hosting

Aktivasi Cepat Migrasi Gratis
Always There 24/7 Server IIX & USA
Uptime 99% Garansi
Uang Kembali
Cpanel Based Auto Installer
Lihat Fitur Lainnya...